Jumat, 12 April 2013

Tuntunan Sholat IDUL ADHA


Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata : " Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa salam datang ke madinah, penduduk madinah memiliki dua hari raya untuk bersenang - senang dan bermain - main di masa jahiliyah. beliau berkata : Aku datang kepada kalian dan kalian mempunyai dua hari raya di masa jahiliyah yang kalian isi dengan main - main. Alloh telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu hari raya kurban ('idul Adha) dan hari raya 'idul Fitri" (HR.Ahmad, shahih). 
Hadits ini menunjukkan bahwa kaum muslimin memiliki hari raya besar yaitu 'idul Adha dan 'idul Fitri. Hukum Shalat 'id Para ulama berselisih pendapat tentang hukum shalat 'id. ada yang berpendapat fardhu kifayah, fardhu 'ain, dan sunnah. namun yang lebih tepatnya adalah fardhu 'ain, artinya wajib bagi setiap kaum muslimin. samapi wanita yang haid pun diperintahkan untuk keluar dari rumahnya untuk ikut merayakan hari raya 'idul Adha begitupula untuk wanita yang haid mereka pun diperintahkan untuk keluar dari rumahnya namun diperintahkan untuk menjauhi tempat shalat. Ummu'Atiyah radhiyallahu'anha berkata : "Nabi shallahu 'alaihi wa salam memerintahkan kepada kami pada hari raya 'id agar memerintahkan para gadis dan wanita yang dipingit, serta wanita haid. namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haid untuk menjauhi tempat shalat." (HR.Muslim) 
Waktu dan tempat pelaksanaannya waktu dan pelaksanaan shalat 'id adalah pada waktu shalat dhuha. Shiddiq Hasan Khan rahimahulloh mengatakan :"Waktunya adalah setelah meningginya matahari setinggi tombak sampai zawwal (bergeser matahari ke arah barat)". Para Ulama telah ijma' (sepakat) tentang masalah ini. yang paling utama tempat untuk melaksanakan shalat 'idul 'adha adalah di tanah lapang kecuali jika ada udzur seperti hujan. Abu Sa'id Al Khudri radiyallahu'anhu berkata : "Rasululloh shallallahu'alaihi wa sallam biasa keluar rumah pada hari 'idul fitri dan 'idul adha menuju tanah lapang" (HR.Bukhari wa Muslim) Berjalan Kaki Menuju Shalat 'Id Ibnu 'Umar radiyallahu'anhuma mengatakan : "Rasululloh shallallahu'alaihi wa sallam biasa berangkat shalat 'id dengan berjalan kaki begitu pula ketika pulang.(HR.Ibnu Majah, hasan). dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu'anhu berkata : "Rasululloh shallallohu'alaihi wa sallam jika melaksanakan shalat 'id beliau melewati jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang"(HR.Bukhari).
Mandi dan Memakai Pakaian yang bagus Ibnu Qudamah rahimahulloh mengatakan : "Dianjurkan untuk mandi pada hari 'id. begitupula dianjurkan untuk memakai pakaian yang bagus. Diriwayatkan bahwa Sahabat Ibnu 'Umar radhiyallahu'anhuma biasa memakai pakaian yang paling bagus pada hari raya 'Id". Tidak Makan Sebelum Shalat 'Idul 'Adha Buraidah radhiyallohu'anhu mengatakan : "nabi shallallohu'alaihi wa salam tidak keluar menuju shalat 'idul fitri sebelum makan terlebih dahulu. Adapun pada hari raya kurban beliau tidak makan sebelum pulang dari tempat shalat kemudian memakan sesembelihan beliau"(HR.Tirmidzi, hasan) Tidak ada Adzan dan Iqomah Jabir bin Samurah berkata :"Aku pernah melaksanakan shalat 'id bersama Rasululloh shallallohu'alaihi wa sallam bukan hanya sekali atau dua kali. ketika itu tidak ada adzan dan iqomah"(HR.Muslim).
Tidak Ada Shalat Sebelum dan Sesudahnya Ibnu 'abbas radhiyallohu'anhuma berkata :"Rasululloh shalallohu'alaihi wa sallam pernah keluar pada hari raya 'idul Adha atau "idul Fitri. beliau mengerjakan shalat shalat dua rakaat namun tidak melaksanakan shalat sunnah sebelum dan sesedahnya"(HR.Bukhari wa Muslim) 
Tata Cara Shalat 'Idul Adha secara ringkas pelaksanaan tata cara shalat 'id sebagai berikut : 
1. Dimulai dari takbiratul ihram, seperti shalat yang lainnya. 
2. Pada rakaat pertama ditambah takbir tambahan (zawaaid) sebanyak 7 kali selain takbiratul ihram. 
3. Pada rakaat kedua ditambah takbir sebanyak 5 kali. 
4. Dibolehkan mengangkat tangan ketika takbir tambahan sebagaimana yang dicontohkan sahabat Ibnu Umar radhiyallohu'anhu. 
5. Tidak ada dzikir khusus yagn dibaca diantara takbir. Namun terdapat riwayat dari Ibnu Mas'ud radhiyallohu'anhu beliau mengatakan:"Diantara takbir hendaklah memuji Alloh". 
6. Setelah selesai takbir tambahan kemudian membacaAl Fatihah dan Surat Pilihan. 
7. Dianjurkan untuk membaca surat Qaaf pada rakaat pertama dan surat Al Qomar pada rakaat kedua. atau bisa membaca surat AL A'laa dan Al Ghasiyah. Jika Hari 'Id Bertepatan dengan Hari Jum'at Iyas bin Abi Ramlah berkata : "Aku pernah menemani Mu'awiyah bin Abi Sufyan dan ia bertanya kepada Zaid bin Arqam : Apakah engakau pernah menyaksikan Rasululloh shallallohu'alaihi wa salam bertemu dengan dua 'id (hari raya 'Idul fitri atau 'Idul Adha bertemu dengan hari hari Jum'at) dalam satu hari ?"; "iya", jawab Zaid. kemudian Mu'awiyah bertanya lagi, "Apa yang beliau lakukan ketika itu?" "beliau melaksanakan shalat 'Id dan memberi keringanan untuk meninggalkan shalat jum'at", jawab Zaid. Nabi shallallohu'alaihi wa sallam bersabda:"Siapa yang mau shalat Jum'at, maka silahkan melaksanakannya" (HR.Abu Dawud, shahih) 

Referensi :
- Penulis adalah Alumni Ma'had Al 'ilmi (Adika M)
- Ahkaamul 'Idain fii As Sunnah Al Muthaharah karya Syaikh 'Ali bin Hasan 'Al Halabi hafidzahulloh
-Asy Syahrul Mumti 'alaa Mustaqni' karya Syaikhh Muhammad bin Shalil Al 'Utsmain Rahimahulloh

posted by : aby

0 komentar:

Posting Komentar